Analisis Efisiensi Pemasaran Jeruk Manis

Authors

  • Djoko Koestiono Department of Agricultural Socio-Economics, Agriculture Faculty, Brawijaya University
  • Ahmad Agil

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain : (1) Menginventarisir berbagai saluran pemasaran serta fungsi-fungsi pemasaran jeruk manis di daerah penelitian. (2) Menganalisis tingkat efisiensi pemasaran jeruk manis melalui analisis marjin pemasaran, pendekatan efisiensi harga dan operasional pada setiap saluran pemasaran di daerah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis marjin pemasaran menunjukkan pada saluran I marjin total adalah sebesar Rp. 2.500/kg dan saluran II marjin total adalah sebesar Rp. 3.500/kg.

Hasil analisis efisiensi pemasaran dengan pendekatan analisis efisiensi harga pada lembaga pemasaran jeruk manis di daerah penelitian sudah dapat dikatakan efisien. Hal ini disebabkan karena rata-rata biaya yang dikeluarkan masih relatif lebih kecil dibandingkan dengan selisih harga yang didapat oleh masing-masing lembaga pemasaran jeruk manis (output lebih besar daripada input). Sedangkan analisis efisiensi operasional pada fungsi transportasi sudah tercapai pada masing-masing saluran pemasaran. Hal ini dikarenakan rata-rata kapasitas angkut di tiap-tiap lembaga pemasaran sudah sesuai dengan kapasitas angkut normalnya.

 

Kata kunci : efisiensi pemasaran, saluran pemasaran

Downloads

Published

2010-01-20

How to Cite

Koestiono, D., & Agil, A. (2010). Analisis Efisiensi Pemasaran Jeruk Manis. Agricultural Socio-Economics Journal, 10(1), 26. Retrieved from https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/27

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>