Analisis Pemasaran Beras Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Petani (Studi Kasus Pada Sentra Produksi Padi Di Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah)

Authors

  • Mochamad Muslich Mustadjab Universitas Brawijaya
  • Budi Setiawan Universitas Brawijaya
  • Cahyaningsih Pamungkas Universitas Brawijaya

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pendapatan usahatani petani padi, efisiensi pemasaran beras dilihat dari struktur pasar, perilaku pasar dan penampilan pasar, dan faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran, harga di tingkat produsen dan konsumen. Penelitian dilaksanakan di Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Data primer terdiri atas 51 petani responden dan 24 lembaga pemasaran, yang meliputi penebas, pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer, dan pedagang kabupaten. Analisis data meliputi; pendapatan petani, pangsa pasar, konsentrasi rasio (CR4), elastisitas transmisi harga, integrasi pasar, distribusi marjin dan share, serta faktor yang mempengaruhi marjin, harga ditingkat petani dan konsumen (regresi berganda). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemasaran beras dan gabah di Kabupaten Pati, khususnya di Desa Kayen sangat berpengaruh terhadap tingkat pendapatan petani padi.

 

Kata Kunci: efisiensi pemasaran, pendapatan petani

Downloads

Published

2008-01-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Mustadjab, M. M., Setiawan, B., & Pamungkas, C. (2008). Analisis Pemasaran Beras Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Petani (Studi Kasus Pada Sentra Produksi Padi Di Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah). Agricultural Socio-Economics Journal, 8(1), 23. https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/7

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>