HUBUNGAN RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN RELATIONSHIP) DAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) SARI APEL DI KOTA BATU

Authors

  • Dwi Retnoningsih Department of Agricultural Socio-Economics, Agriculture Faculty, Brawijaya University
  • Moch. Muslich Mustadjab
  • Nuhfil Hanani
  • Grace Tsai

Abstract

Buah apel memiliki nilai tambah bila diproses menjadi makanan dan minuman olahan. Sari apel adalah salah satu olahan. Karena itulah analisis supply chain menjadi isu penting dalam industri apel.

Tujuan utama penelitian ini adalah menginvestigasi apakah hubungan yang baik diantara rantai pasok sari apel positif mempengaruhi daya saing UKM. UKM membutuhkan hubungan yang berkualitas untuk meraih keunggulan kompetitif. Kualitas hubungan menjadi pondasi organisasi untuk tetap bertahan. Kualitas hubungan tersebut meliputi kepercayaan, komitmen dan kepuasan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Berdasarkan literatur, penelitian yang menginvestigasi kualitas hubungan dan kualitas komunikasi bahwa langsung dan tidak langsung berpengaruh dalam daya saing. Sampel data penelitian ini adalah petani, UKM dan pengecer sari apel di kota Batu yaitu berjumlah  Kuesioner disebar di 121 sampel.

Data dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil analisis didapatkan bahwa daya saing dipengaruhi secara langsung dan tidak langsung oleh kualitas hubungan dan kualitas komunikasi; kualitas hubungan yang meliputi kepercayaan, komitmen dan kepuasan menjadi unsur utama yang menentukan daya saing; kualitas komunikasi mempunyai pengaruh penting juga terhadap daya saing melalui kualitas hubungan.

 

Kata kunci: UKM sari apel, Structural Equation Modeling (SEM), kualitas hubungan, kualitas komunikasi dan daya saing

Downloads

Published

2014-01-20

How to Cite

Retnoningsih, D., Mustadjab, M. M., Hanani, N., & Tsai, G. (2014). HUBUNGAN RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN RELATIONSHIP) DAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) SARI APEL DI KOTA BATU. Agricultural Socio-Economics Journal, 14(1), 36. Retrieved from https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/115

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>