ANALISIS INTEGRASI PASAR VERTIKAL CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.) DI JAWA TIMUR

Sawitania C.D.U.S., Ratya Anindita
  AGRISE,Vol 13, No 2 (2013),  126  
Viewed : 1937 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan integrasi yang terjadi secara vertikal diantara berbagai pelaku pemasaran dalam suatu rantai pemasaran antara lain petani, pedagang besar, dan pedagang pengecer. Metode yang dapat digunakan untuk menjawab tujuan penelitian adalah dengan menggunakan analisis kointegrasi CRDW-Uji Kointegrasi Johansen dan Vector Error Correction Model. Data yang digunakan adalah data sekunder selama lima tahun (tahun 2007 hingga tahun 2011) sebanyak 60 series data. Data harus distasionerkan terlebih dahulu menggunakan uji DF-ADF (Dickey Fuller-Augmented Dickey Fuller) Setelah itu dilakukan uji Kointegrasi Johansen dan uji kausalitas Granger untuk mengetahui hubungan kointegrasi yang terjadi dalam jangka panjang menggunakan panjang lag optimal. Apabila terdapat hubungan jangka panjang, maka untuk menganalisis hubungan kointegrasi jangka pendek digunakan uji VECM. Namun apabila tidak terdapat hubungan kointegrasi, untuk mengetahui hubungan jangka pendek digunakan uji VAR. Hasil analisis mengenai integrasi pasar vertikal cabai merah besar (Capsicum annuum L.) di Jawa Timur membuktikan bahwa pasar di tingkat petani, pedagang besar, dan pedagang pengecer terintegrasi dalam jangka panjang dan jangka pendek.

 

Kata kunci: Uji DF-ADF, Uji Lag Optimum, Uji Kointegrasi Johansen, Uji Kausalitas Granger, Uji VAR, Integrasi Vertikal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)