IPTEKS BAGI MASYARAKAT (IbM) PENGEMBANGAN USAHA PRODUKTIF KELOMPOK AFINITAS TUNGGAKSEMI DALAM RANGKA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN MASYARAKAT DESA SUMBEREJO KECAMATAN BATU KOTA BATU

Astutik Astutik, Ahmad Zubaidi
  AGRISE,Vol 14, No 1 (2014),  67  
Viewed : 246 times

Abstract


Salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat desa adalah dengan mengembangkan usaha produktif yang sesuai dengan potensi desa yang ada. Kelompok Afinitas Tunggaksemi merupakan kelompok masyarakat yang terdiri beberapa masyarakat miskin, namun sudah memiliki usaha produktif budidaya jamur tiram. Kelompok Afinitas ini sudah memiliki kumbung berukuran 5 × 10 m dengan kapasitas 5,000 bag log. Permasalahan yang ada karena terbatasnya kemampuan sumberdaya dan sumber dana sehingga usaha tersebut sulit berkembang. Program bertujuan untuk  meningkatkan  pengetahuan dan ketrampilan sumberdaya manusia Kelompok Afinitas Tunggak semi (Mitra 1) dalam pembuatan bag log dan budidaya jamur tiram agar produksi jamur tiram mampu meningkat sehingga dapat mengembangkan usaha produktif Kelompok Afinitas Tunggaksemi.

Metode penelitian dilakukan secara deskriptif dengan memberikan penjelasan kegiatan  yang dilakukan yaitu memberi penyuluhan, pelatihan dan praktek serta pendampingan dalam pembuatan bag log dan budidaya jamur tiram di Kelompok Afinitas Tunggaksemi Desa Sumberejo Kecamatan Batu Kota Batu.

Hasil kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan dan praktek, serta pendampingan pembuatan bag log dan budidaya jamur tiram bagi kelompok Kelompok Afinitas Tunggaksemi mampu meningkatkan sumberdaya manusia dalam pembuatan bag log dan budidaya jamur tiram yang tepat (suhu dan kelembaban dalam kumbung sesuai). Produksi jamur tiram Kelompok Afinitas Tunggaksemi meningkat sekitar 13%, sehingga  pendapatan kelompok meningkat untuk mengembangkan usaha produktifnya. UD Agro Nusa Mushroom (Mitra 2) dengan merubah suhu sterilisasi bag log 121 oC selama 30 menit mampu meningkatnya kualitas dan produksi bag log.

 

Kata kunci: bag log, jamur tiram, sterilisasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)