Analisis Permintaan Dan Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Di Indonesia

Authors

  • Heru Santoso Department of Agricultural Socio-Economics, Agriculture Faculty, Brawijaya University
  • Fitria Dina Riana Universitas Brawijaya
  • Lutfia Febri

Abstract

Sektor perkebunan memiliki peranan yang sangat tinggi terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia, salah satunya adalah kopi. Kopi selain diekspor ke Negara lain juga dikonsumsi oleh penduduk di Indonesia. Konsumsi tersebut mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya taraf hidup dan pergeseran gaya hidup masyarakat perkotaan di Indonesia, sedangkan produksi kopi di Indonesia berfluktuasi. Konsumsi kopi di Indonesia yang meningkat juga harus diikuti dengan peningkatan produksi kopi Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan agribisnis kopi di Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah dan regresi linier berganda dan matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan penduduk di Indonesia berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan kopi di Indonesia, sedangkan harga kopi di pasar domestik, harga teh di pasar domestik, dan populasi penduduk di Indonesia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan kopi di Indonesia. Untuk strategi pengembangan yang dipergunakan adalah strategi SO yang dilakukan dengan cara memperluas pasar dengan memanfaatkan kopi di Indonesia yang dikenal oleh dunia, pengembangan bioteknologi, dan peningkatan pasar sasaran.

 

Kata kunci: Sektor perkebunan, permintaan kopi, pengembangan agribisnis kopi

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Santoso, H., Riana, F. D., & Febri, L. (2016). Analisis Permintaan Dan Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Di Indonesia. Agricultural Socio-Economics Journal, 13(1), 69. Retrieved from https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/38

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)