Korelasi Tingkat Sosial Ekonomi Anggota Lembaga Keuangan Mikro (Lkm) Prima Tani Pada Usahatani Ternak Kelinci Dengan Tingkat Potensi Kelancaran Pengembalian Kreditnya (Studi Kasus Di Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar)

Ismayanto Adi Purnomo, Djoko Koestiono
  AGRISE,Vol 8, No 2 (2008),  112  
Viewed : 245 times

Abstract


Pada Prima Tani Blitar, penggunaan kredit LKM untuk beternak kelinci dinilai lebih menguntungkan dan cocok dengan model LKM Prima Tani. Dengan potensi yang dimiliki kelinci, diharapkan pendapatan keluarga akan meningkat sehingga kelancaran pengembalian kreditnya tinggi. Kelancaran pengembalian kredit akan membantu keberlanjutan LKM Prima Tani. Sehingga perlu menganalisis potensi kelancaran pengembalian kredit LKM Prima Tani pada usahatani  ternak kelinci dan hubungannya dengan tingkat sosial ekonomi anggota LKM Prima Tani.

Menggunakan  analisis skala Likert, analisis karakter 4C, dan analisis korelasi chi-square, menghasilkan sebagian besar anggota LKM Prima Tani yang menggunakan kredit untuk beternak kelinci memiliki potensi pengembalian kredit yang rendah. Serta tidak ada hubungan antara tingkat sosial ekonomi anggota LKM pada usahatani ternak kelinci dengan tingkat potensi kelancaran pengembalian kreditnya. Faktor sosial ekonomi tersebut yaitu umur, pendidikan, pengalaman beternak, keorganisasian, dan pendapatan keluarga.

 

Kata kunci: kelinci, LKM Prima Tani, kelancaran, kredit.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)