PENGARUH TINGKAT PENERAPAN USAHATANI KONSERVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHATANI WORTEL (Studi Kasus Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

Authors

  • Aris Sulistyono Department of Agricultural Socio-Economics, Agriculture Faculty, Brawijaya University
  • Nuhfil Hanani
  • Abdul Wahib Muhaimin

Abstract

Lahan pertanian pada dataran tinggi yang berupa lahan miring sudah banyak digunakan petani sebagai budidaya tanaman wortel. Tanaman wortel yang ditanam pada lahan miring dapat menimbulkan bahaya erosi dan hilangnya unsur hara pada lahan. Dengan penerapan usahatani konservasi lahan pada usahatani wortel akan dapat memperkecil terjadinya erosi serta menjaga kesuburan lahan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis faktor-faktor apa yang berpengaruh nyata terhadap tingkat penerapan usahatani konservasi lahan, (2) menganalisis pengaruh tingkat penerapan usahatani konservasi lahan terhadap produktivitas usahatani wortel, dan (3) menganalisis pengaruh tingkat penerapan usahatani konservasi lahan terhadap pendapatan usahatani wortel. Metode analisis dilakukan dengan menganalisis persamaan tingkat penerapan usahatani konservasi lahan, produktivitas dan pendapatan usahatani wortel ke dalam suatu model persamaan simultan. Hasil analisis persamaan simultan didapatkan faktor kemiringan lahan dan pengetahuan usahatani konservasi lahan berpengaruh positif terhadap tingkat penerapan usahatani konservasi lahan, tingkat penerapan usahatani konservasi berpengaruh positif terhadap produktivitas usahatani wortel, dan tingkat penerapan usahatani konservasi lahan tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani wortel.

Kata kunci: usahatani konservasi, erosi, produktivitas, pendapatan.

Downloads

Published

2013-08-19

How to Cite

Sulistyono, A., Hanani, N., & Muhaimin, A. W. (2013). PENGARUH TINGKAT PENERAPAN USAHATANI KONSERVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHATANI WORTEL (Studi Kasus Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Agricultural Socio-Economics Journal, 13(3), 221. Retrieved from https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/108

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>