Tingkat Adopsi Sistem Usahatani Konservasi Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pendapatan Petani (Studi Kasus Di Das Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu)

Authors

  • Nuhfil Hanani Department of Agricultural Socio-Economics, Agriculture Faculty, Brawijaya University
  • Mochammad Muslich Mustadjab universitas brawijaya
  • Condro Puspo Nugroho Universitas Brawijaya

Abstract

Banyaknya permasalahan degradasi lingkungan di Kecamatan Bumiaji yang diakibatkan adanya praktek usahatani yang kurang memperhatikan konservasi lahan dan air, sehingga menyebabkan adanya erosi yang cukup tinggi yang dapat berdampak pada pendapatan usahatani mereka. Adanya kondisi demikian dirasa perlu dilakukannya penelitian mengenai tingkat adopsi yang telah dilakukan oleh beberapa petani terhadap sistem usahatani konservasi. Dengan menggunakan alat analisis scoring dan analisis path diperoleh hasil bahwa semakin mengadopsi atau menerapkan sistem usahatani konservasi maka akan semakin meningkatkan produktivitas usahatani sayuran, artinya tingkat adopsi sistem usahatani konservasi pada daerah penelitian mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat pendapatan petani.

Kata Kunci: usahatani konservasi, tingkat adopsi, analisis path

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Hanani, N., Mustadjab, M. M., & Nugroho, C. P. (2016). Tingkat Adopsi Sistem Usahatani Konservasi Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pendapatan Petani (Studi Kasus Di Das Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Agricultural Socio-Economics Journal, 13(1), 15. Retrieved from https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/32

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>